Frustasi

Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Artinya, ketika kita berharap tentang suatu hal lalu kenyataannya tidak sesuai dengan harapan, maka timbullah masalah. Masalah dapat menimbulkan rasa frustrasi.

Reaksi setiap orang terhadap frustrasi berbeda-beda, bergantung pada AMBANG FRUSTRASI yang ia miliki.
Orang yang memiliki tingkat ambang frustrasi tinggi cenderung lebih kuat mentalnya menghadapi kegagalan. Sedangkan mereka yang ambang frustrasinya rendah cenderung rentan terhadap frustrasi.

Pola asuh orangtua, pengalaman hidup, budaya, dan lingkungan, merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya ambang frustrasi seseorang. Namun, ada yang lebih penting, yaitu cara kita berpikir dan memandang sesuatu. Membiasakan diri berpikir positif akan membantu kita menghindarkan diri dari frustrasi berlebihan. Atau bahkan, mengubah frustrasi menjadi motivasi membuat sesuatu yang positif.

Pernah dengar lagu Unchained Melody? Lagu ini begitu melegenda, puluhan tahun lalu lagu ini tercipta dari seorang narapidana yang merasa frustrasi karena merindukan kekasihnya. Untuk pelipur lara, ia ciptakan lagu ini. Begitu berjiwanya lagu ini hingga membuat pendengarnya tak pernah bosan.

Ada lagi lagu yang tercipta dari frustrasi karena patah hati. Saya lupa judulnya, tapi lirik awalnya begini,''Why does the sun go on shining, why does the sea rush to shore.......''. Sama seperti Unchained Melody, lagu inipun populer sepanjang jaman.
Rasanya masih banyak contoh positif lain dari mereka yang berhasil mengatasi rasa frustrasinya.

Jadi, jangan biarkan dirimu terjerumus dalam frustrasi yang berlebihan. Percayalah, Alloh SWT tidak akan pernah memberi kita cobaan di luar kemampuan diri kita sendiri. Masalah yang kita hadapi seyogyanya lebih menguatkan internal kita.

Selamat mengatasi frustrasi. Saya yakin sekali Anda pasti bisa!
TERBARU :

Data Visitor